Selamat datang di website kami, Haidar Khotir, semoga sajian kami bermanfaat

Fadhilah Al-Qur'an


Diantara fadhilah Al-Qur’an ialah :

1.    Al-Qur’an adalah kitab yang paling utama, kitab yang paling agung.

Jika kita bandingkan dengan apapun maka Al-Qur’an adalah yang paling utama. Sebagai contoh : Kita bandingkan lebih baik mana berinteraksi dengan Al-Qur’an atau berinteraksi dengan televisi ?.Tentu al-qur’an paling utama dan terbaik.

Ketika kita kemana-mana membawa Al-Qur’an dan kita membaca ataupun menghafal ataupun menghayati isinya maka itu menandakan kita cerdas, cerdas memanfaatkan waktu dan cerdas didalam beramal. Pastilah Al-Qur’an akan membawa kebaikan-kebaikan.

Al Hasan al Bashri, berkata :
“Sesungguhnya orang-orang sebelum kalian menganggap Al-Qur’an adalah surat-surat dari Rabb mereka. Pada malam hari, mereka selalu merenunginya dan akan berusaha mencarinya pada siang hari.”  (At Tibyan fii Adabi Hamalatil Qur’an, Imam An Nawawi, Halaman 28).

“Barangsiapa berkehendak berbicara dengan Allah, maka bacalah Al-Qur’an.” (Al-Hadits).

2.    Mukjizat Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam yang paling Agung

Sesungguhnya mukjizat Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam itu sangat banyak dan agung-agung. Diantara mukjizat itulah Al-Qur’an adalah yang paling agung. Mumpung Al-Qur’an masih ada maka kita mensyukurinya dengan membaca, menghafalkan maupun mengamalkannya.

3.    Al – Qur’an menjadikan hidup bahagia

Bila menginginkan kehidupan orang yang bahagia baik di dunia maupun akhirat maka bacalah Al-Qur’an dan mengamalkan isinya.

4.    Al – Qur’an menjadi penolong di hari kiamat

Dari shahabat Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu ‘anhu : Saya mendengar Rasulullah saw bersabda : ”Bacalah Al-Qur’an, sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat nanti memberi syafa’at (penolong) bagi orang yang membacanya dan mentaatinya.” (HR. Muslim no. 804).

Tentunya tidak hanya sekedar membaca, juga mengamalkannya. Selain Rasulllah saw, tidak seorangpun yang mampu memberikan pertolongan kepada seseorang pada hari hisab, kecuali Al-Qur’an yang dibaca selama ia hidup di dunia.

5.    Al – Qur’an sebagai pembersih hati

Hati bisa berkarat sebagaimana besi. Bagaiman cara menghilangkan hati yang berkarat ? Caranya yaitu dengan membaca Al-Qur’an dan juga mengingat mati. Hati kita berkarat karena banyak dosa dan banyak melupakan Allah dari berdzikir kepada Allah.

Tentu ini bisa sebagai penanda bahwasanya :

“Bila hati bersih maka yang disenangi itu adalah yang baik-baik. Bila hati kotor maka yang disenangi itu adalah yang jelek-jelek.”

'Utsman Bin 'Affan radhiyallahu 'anhu berkata,

"Seandainya hati kalian bersih, pastilah (hati tersebut) tidak kenyang dengan firman Allah (Al-Qur'an)."

Referensi :
Terinspirasi oleh acara "Bimbingan Muqri' (Pengajar) Yanbu'a, Senin 26 November 2018 di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta oleh KH. M. Ulil Albab Arwani"
www.al-manhaj.or.id
www.madinalmanshur.wordpress.com
https://musyafa.com/
http://keluargaumarfauzi.blogspot.com
Sumber gambar : http://sqlccintaquran.blogspot.com

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes