Selamat datang di website kami, Haidar Khotir, semoga sajian kami bermanfaat

Kan Ku Kejar Rumah Surga (4)


Suami Impian dan Istri yang Impian

Suami impian ialah suami yang mampu memenuhi impian istrinya, hehe
Istri impian ialah istri yang mampu memenuhi impian suaminya, hehe.

Melihat Karakter

Koleris : karakternya pekerja keras, berapi-api, semangat, ambisius dan grusa-grusu (baca : tergesa-gesa atau serampangan).

Sanguinis : Santai, suka bercanda, suka cengar-cengir, orang yang dirindukan (kalau tidak ada dia kayak sepi), pelupa.

Melankolis : Romatis, suka diperhatikan, kerja kelompok susah, ada masalah dengan seseorang sedikit kesal, Memaafkan sesuatu tapi keingat terus.

Plagmatis : Tidak pernah ribut, lambat, lelet, lemot, datang disuatu urusan suka telat, damai, tentram, pendengar setia, terserahlah.

Kisah,

Ada seseorang yang mengadu ke Umar r.a. mengenai Istrinya yang mengomel terus. Kemudian beliau menjelaskan mengenai Istrinya. Bahwa Istrinya Umar r.a. lebih cerewet , namun Umar Ingat atas 5 perkara diantaranya dialah yang menyediakan makanan, dialah yang bersusah payah, dia belum pernah menuntut apapun...
Dan Istrinya sebagai penentram syahwatnya.             
Umar r.a. diluar rumahnya boleh garang, didalam rumah beliau bisa memimpin.

Harus punya tujuan

Jangan mudah mengucapkan terserah (Plagmatis) , laki-laki harus mempunyai tujuan (harus punya tujuan) dan inilah (mengucapkan/bertindak terserahlah) yang membuat laki-laki menjadi plagmatis.

Tidak tegas dan tidak bisa berwibawa didalam suatu keputusan, padahal perempuan itu memiliki sikap “butuh kepastian”, maka perlu dihindari sikap “plagmatis” pada kondisi seperti ini.

“Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya.

Maka perempuan-perempuan yang shalih, adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka). ...”
(QS. An-Nisaa’ [4] : 34)

Tugas Laki-laki yakni memberikan Nafkah

Secara Naluriah, Seorang perempuan itu memimpikan seorang suamin yang bisa memimpin, bisa menjadi Imam dan sebagai pelindung.

Suami tidak bekerja, itu biasa menyebabkan keluarga tidak berkah dikarenakan tugas itu diambil alih oleh istri.

Bagaimana Istri saya ternafkahi secara Iman (ini yang sering diabaikan oleh banyak suami) ?
Karenanya nafkah itu ada dua, yang paling utama ialah nafkah batin dan Iman kemudian nafkah yang sifatnya lahiriyah (harta).

Ini yang berbahaya memang secara nafkah lahir terpenuhi namun nafkah secara batin dan Iman itu jauh lebih penting. Contoh kasus yang biasa terjadi :

Suami kerja di kalimantan dan istri di Jogja ?

Maka yang bagus ialah kedua-duanya harus kumpul karena ini erat kaitannya dengan nafkah batin dan Iman serta nafkah lahir.

Perempuan yang shalih 

yakni Taat kepada Allah dan Menjaga diri ketika suaminya tidak ada. (Tidak harus taat ke suami manakalah suami meninggalkan ketaatan kepada Allah).

Sedikit Manfaat Rasa kantuk dan Air Hujan

Bisa dibaca di surat Al Anfal ayat 11:

“(Ingatlah), ketika Allah membuat kamu mengantuk untuk memberikan ketentraman dari-Nya, dan Allah menurunkan air (hujan) dari langit kepadamu untuk menyucikan kamu dengan (hujan) itu dan menghilangkan gangguan-gangguan syetan dari dirimu dan untuk menguatkan hatimu serta memperteguh telapak kakimu (teguh pendirian).”
(QS. Al Anfal[8] :11)

Realita banyak orang yang susah tidur manakala banyak masalah atau pikiran, atau masalah terlalu difikirkan. Dan rasa kantuk itulah yang memberikan ketentraman.

Kalau mau dicoba air hujan jelas bisa untuk menyucikan badan, menghilangkan gangguan syaitan, menguatkan hati dan memperteguh pendirian.

Wallahu a’lam bish shawab

Referensi :

Terinspirasi Ust. Awan Abdullah di Masjid Mardliyah, Kriteria Jodoh Ideal, 23 November 2013 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJ7lqp_R0m2HzztA9cHACmztVv06FifsPIIxOr7Zti2qU25vFil2Y4RCfWFsJkW8BQPLirWAZb2k_3Fktxo7WY_O1cb4xl_vQL7Slrv1ORQHyO7_h5Zxs07Qdjp4flT3Ir7FPnoFu2fKo/s400/fajar.jpg

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes