Selamat datang di website kami, Haidar Khotir, semoga sajian kami bermanfaat

Menggapai Keikhlasan



Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Sesungguhnya setiap  perbuatan tergantung niatnya.  Dan  sesungguhnya  setiap  orang  (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang dikehendakinya atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan.
(Riwayat dua imam hadits, Abu Abdullah Muhammad bin Isma’il bin Ibrahim bin Al Mughirah bin Bardizbah Al Bukhori dan Abu Al Husain, Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim Al Qusyairi An Naishaburi dan kedua kitab Shahihnya yang merupakan kitab yang paling shahih yang pernah dikarang) .
Pelajaran yang terdapat dalam Hadits tersebut:

1. Amalan itu mencakup amalan hati, amalan lisan, dan amalan anggota badan.

Amalan hati adalah semua amal yang ada di hati, seperti : bertawakal kepada Allah, kembali kepada-Nya, takut pada-Nya dan sebagainya.

Amalan lisan adalah amalan berupa ucapan lisan, dan banyak sekali jenisnya. Diantara seluruh anggota badan, lisanlah yang paling banyak amalannya. Kecuali mata atau telinga.

Amalan anggota badan adalah amalan tangan, kaki dan lainnya.

2. Menurut Terminologi, niat adalah tekad untuk melakukan suatu ibadah demi mendekatkan diri kepada Allah. Niat adanya di hati, dan termasuk amalan hati, tidak ada sangkut pautnya dengan anggota badan.

3. Hendaklah seseorang melakukan amalan dengan ikhlas, hanya menginginkan pahala Allah dan surga dan sesuai tuntunan syariat.

4. Tujuan dari niat adalah untuk membedakan antara satu ibadah dengan ibadah yang lain, seperti mana ibadah yang sunnah dan mana ibadah yang wajib, atau untuk membedakan mana ibadah dan mana kebiasaan semata. 
 
Sumber : 
https://haditsarbain.wordpress.com/2007/06/09/hadits-1-ikhlas/
http://islamidia.com/wp-content/uploads/2016/09/Niat-dan-Keutamaan-Puasa-Dzulhijjah.jpg

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes