Selamat datang di website kami, Haidar Khotir, semoga sajian kami bermanfaat

Sebarkanlah Salam Diantara Kalian

Dan Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu.(Q.S. An Nisa:86)

Hadits Shahih,

"Wahai manusia! Sebarkanlah salam, berikanlah makan (yang membutuhkan), sambunglah kekerabatan, dan shalatlah di waktu malam ketika manusia sedang tidur, niscaya kalian akan memasuki syurga dengan selamat."

"Sesungguhnya as-Salam (Maha Pemberi Keselamatan) adalah salah satu nama dari nama-nama Allah yang Maha Tinggi yang diletakkan-Nya di bumi. Maka sebarkanlah salam di antara kalian."

Hadits yang Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi,

Dari Abu Hurairah, dia telah berkata: Telah bersabda Rasulullah SAW: "Demi Zat yang dirinya berada di tangan-Nya, kalian tidak akan masuk syurga sehingga kalian beriman. Dan kalian tidak akan beriman (dengan sempurna) sehingga kalian saling mencintai. Mahukah kalian kuberitahu sesuatu yang jika kalian kerjakan, niscaya kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian."(HR at-Tirmidzi (2688)

___________________

@ Ketika seseorang melakukan penghormatan kepada kita, maka balaslah yang serupa atau yang lebih baik.

salah satu bentuk penghormatan diantaranya selamat pagi, selamat siang dsb.kata-kata tersebut itu berbeda dengan Salam dalam Islam, karena Salam dalam Islam memandang makna yang dalam yang menunjukkan do'a yaitu: "assalâmu ‘alaikum" yang artinya : semoga diberikan keselamatan atasmu. dan ini adalah salam yang syar'i atau yang diperintahkan .Oleh karena itu, tidak diperbolehkan melontarkan salam kepada orang-orang kafir dari kalangan Ahli Kitab. dan jika ada dari orang-orang kafir mengucapkan salam yang syar'i : "assalâmu ‘alaikum" maka jawablah dengan wa'alaikum.

jika ada teman kita sesama muslim mengucapkan assalâmu ‘alaikum maka jawablah dengan wa'alaikumussalâm warahmatullah atau yang serupa "wa'alaikumussalâm" , kalau dia mengucapkan assalâmu ‘alaikum warahmatullâh maka jawablah wa'alaikumussalâm warahmatulâhi wabarakâtuh atau yang serupa wa'alaikumussalâm warahmatullah.
(intinya adalah jawablah dengan yang serupa atau lebih dari itu sesuai yang diajarkan oleh rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam)

ucapan assalâmu ‘alaikum mencakup nama Allah, as-Salâm, dan memohon keselamatan dari-Nya.(As-salâm :Maha memberi keselamatan)

sesuatu yang jika dikerjakan, niscaya akan saling mencintai yaitu Sebarkanlah salam di antara kalian.

@ Ketika dua orang bertemu, tindakan pertama yang menunjukkan tanda persahabatan mereka adalah

ucapan salam kemudian berjabat tangan.

Memberi salam kepada sesama pada dasarnya merupakan salah satu agenda Islam untuk membangun manusia, di mana hal ini dapat menghilangkan sifat-sifat negatif seperti kedengkian dan permusuhan serta menggantikannya dengan cinta.

Memberi salam dan berjabat tangan akan semakin mendekatkan hubungan antarsesama manusia.

Referensi:

Terinspirasi Kajian di Masjid Al-Hidayah, 20 Februari 2012 oleh Ust. Abu Abdirrahman
http://kolom.abatasa.com/
kolom/detail/nasehat/198/kewajiban-mengucapkan-salam-.html
http://www.voa-islam.com/islamia/tsaqofah/2011/05/20/14813/bila-orang-kafir-mengucapkan-salam-bagaimana-menjawabnya/
http://indonesian.irib.ir/headline2/-/asset_publisher/0JAr/content/salam-anugerah-ilahi
http://indonesian.irib.ir/al-quran/-/asset_publisher/b9BB/content/id/5208469
http://ms.wikibooks.org/wiki/Islam/Adab_bergaul

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQwLoRZO0xco0H70FR24UdIWRZDkUb579cM2t4ijn5D5rjLV9Sk4jrqQvesomQeXMXzndAQlVJjOwh1ZbybSgwmXQbdloKnFevxFRNxz-RuAfBWPDsYN5efMgc8GnWCHrmqy5ti2-iXv0/s1600/persahabatan.jpg

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes