Selamat datang di website kami, Haidar Khotir, semoga sajian kami bermanfaat

Perbaikilah Ikatan Persaudaraan

“Sesungguhnya orang-orang beriman adalah bersaudara, karena itu perbaikilah hubungan dua saudara di antara kalian dan bertaqwalah kepada Allah agar kalian diberikan rahmat”. (QS. Al-Hujurat: 10)

Orang beriman dipersaudarakan karena ikatan keimanan.Diantara mereka ada kedekatan dan hubungan yang istimewa.

Diantara orang beriman bersaudara kadang terjadi pertengkaran maka hal penting kedua , Allah menyebutkan ...maka perbaikilah hubungan saudara kalian (karena terkadang terjadi keretakan).

Kita itu bersaudara , kadang terjadi pertengkaran. Hal tersebut pun sudah terjadi pada zaman rasul dan sesudahnya dan ini (pertengkaran) terjadi di zaman kita.

Ketika terjadi perselisihan maka jadikanlah Al Qur’an dan As sunnah sebagai pengikatnya (tali persaudaraan)

Perang Siffin...

Api Fitnah terjadi diantara orang-orang shalih (padahal para sahabat radhiallahu ‘anhu) dan tidak sampai atau kurang dari 100 orang , dari pendapat yang lain ada yang mengatakan sampai 30 orang.
Kebanyakan para sahabat tidak mau terlibat pada kejadian tersebut, dikarenakan para sahabat (ahli badar) dan Ia memilih di rumah setelah terbunuhnya Utsman bin Affan. Mereka ingin menjaga dari fitnah dan dari kesalahan untuk bertindak (beri’tihad) dan ingin menjaga diri dari membunuh kaum muslimin (membentengi diri padahal tidak tahu Ilmunya).

Ali radhiallahu ‘anhu mengirim utusan ke mu’awiyyah dan meminta Ia berbai-at. Utusan itu berkata : Aku bersedia menemui mu’awiyyah dan aku ambil mu’awiyyah bai-at untuk mu (Ali r.a).
Kemudian Ali radhiallahu ‘anhu : mengutus Jarir ( untuk menyampaikan surat dari Ali r.a. ke mu’awiyyah untuk berbai-at)

Mengenal kata bai-at...

Berbai-at adalah salah satu amalan kepada rasul yang berupa janji atau sumpah setia kepada Imam atau wakil Imam. Bai-at ini sejatinya suatu amalah kebaikan. Namun kali ini banyak disalahgunakan sebagai contoh : ada kelompok dikalangan kita saat ini dan kelompok itu kelompok sedikit , kemudian melakukan pembai-atan (namun disalahgunakan) dan membuat keruh dan jelek atas agama Islam malah terkadang pembai-atan disalah gunakan untuk eksploitasi harta.
Ulama hadits terkemuka, yakni Al Bukhari berkata, "Al'Ilmu Qoblal Qouli Wal 'Amali (Ilmu Sebelum Berkata dan Berbuat)". Maka amal dan perkataan bukan dari yang shahih maka Ilmu tidak shahih. Dan kesungguhan belaka dalam ilmu pun tidak cukup.

Lanjut...

Ali disepakati oleh ansor dan muhajirin untuk menggantikan Utsman bin Affan. Utsman dibunuh didalam rumah padahal tertutup, diserbu orang ketika Utsman membaca Al Qur’an

Referensi:
Kajian Rabu Sore Masjid Nurul Ashri

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes