Selamat datang di website kami, Haidar Khotir, semoga sajian kami bermanfaat

Menggapai Istiqomah


Allah memerintah kpd rasulullah untuk istiqomah dan mempertahankan istiqomah maka begitu pulalah ummatnya diperintahkan. 

Engkau (rasulullah) lebih cepat beruban dan  yang membuat beruban salah satunya adalah surat hud ..

Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah taubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (QS.Surat Hud (11) :112)

Semua aktivitas kita perlu semangat, terutama ibadah. 


Seorang guru yang bersemangat mengajar, mengkaji kembali yang diajarkan. sehingga materi yang diajarkan beda. orang mengkaji beragama (islam). bukan hanya membutuhkan ilmu, namun juga semangat.

Cerita : Anak yang sholeh , ingat bentuk berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal..berhubungan baik dengan teman/kerabat yang pernah berhub. dengan bapaknya. Beliau menempuh jarak beberapa kilometer untuk menemui teman/kerabat yang pernah berhub. dengan bapaknya.

Bayangkan jika dilingkungan kita dipenuhi orang-orang semangat; yang ini sholat malamnya kuat, yg ini semangat shodaqahnya,dsb.

mungkin kita tidak seperti mereka. namun jika sampai tingkat tertentu itu lebih baik. jika ada , yang memutus semangat maka (ada kalimat : jangan terlalu serius , biasa-biasa saja {ukuran biasa-biasa saja seperti apa?} ) jauhi_pertahankan semangat, istilah moderat itu seperti apa ? .

Futur...

Istiqomah itu menjaga keimanan dan amalnya itu supaya tetap pada kondisinya  dan naik.
Futur : kondisi menurun setelah bersemangat.

futur yang juz'i (parsial) bagian tertentu dan futur yang menyeluruh.

Sikap Orang yang Istiqomah dan Keutamaan Istiqomah

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu."

Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat; di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta.

Sebagai hidangan (bagimu) dari Tuhan Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

(QS. Fushshilat (41) :30-32)
Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah", kemudian mereka tetap istiqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita.

Mereka itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal di dalamnya; sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.

(QS. Al-Ahqaaf : 13-14)

maksudnya : meneguhkan keimanan kepada Allah pasti juga beriman kepada Rasul dan hari akhir. Istiqomah dalam keyakinan dan amal mereka. ada keutamaan yang besar ketika seseorang istiqomah.

Quote : Ada orang yg bilang , jangan terlalu bersemangat. kita bisa lihat beda orang yang bersemangat dengan yang tidak bersemangat. Bahaya yang tidak semangat mempengaruhi yg lain juga.satu saja bisa mempengaruhi yang lain.

Referensi :
Terinspirasi Kajian tema tentang "Istiqomah" di Maskam oleh Ust. Ridwan Hamidi, 29 April 2013

http://th05.deviantart.net/fs70/PRE/i/2013/118/4/d/sunset_riverscape_by_burtn-d63bfs7.jpg (edit)

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes