Bagaimanakah Mekanisme membuat sebuah Berita ?
Pahami Audiens Anda
Buatlah target Audiens Anda
Pahami berita atau cerita Anda
Fokuslah pada berita atau cerita Anda.
Bertanyalah dan jangan berasumsi terhadap berita atau cerita Anda
Apakah Anda sudah menanyakan semua yang diperlukan untuk cerita Anda ?
Buatlah catatan akurat Anda, Anda bertanggung jawab atas informasi yang dipakai ?
Sebutkan sumber berita atau catatan Anda
Periksalah dan cari konfirmasi untuk cerita Anda
Buatlah berita Anda secara lugas dan terus terang
Katakan apa yang sebenarnya
Pastikan berita anda akurat
Apakah berita Anda seimbang ?
Apakah berita Anda Adil ?
Apakah Anda sudah menggunakan bahasa Aktif ?
Bagaimana cara supaya karya kita bisa termuat di media massa (Trik Menulis di Media massa) ,
diantaranya :
Harus
 dekat dengan wartawan (maksudnya Anda harus mengenal siapa orang yang 
mengelola surat kabar itu, kemudian mengatakan dan menyerahkan karya 
kepada redaksi bolehkan tulisan saya dimuat), mengkaji mengenai 
buku-buku terkait wartawan dan siapa wartawan yang bisa jadi model 
'tokoh dalam pikiran saya'.
Bagaimana menghitung kecerdasan finansial ?
Kecerdasan
 finansial = Penghasilan yang dimiliki (dalam satu bulan) dibagi dengan 
Kebutuhan yang dikeluarkan dalam jangka waktu (misal sebulan).
Kiat-Kiat Membuat Pelatihan Jurnalistik yang baik?
Menurut
 saya pribadi pelatihan jurnalistik yang cukup baik itu 5 Hari dulu itu 
dari jam 8 pagi - 10 malam, intensif dan fokus, Output dari acara 
pelatihan jurnalistik ialah membuat sebuah mading yang berisi berita, 
Tutur salah satu pembicara dalam Pesantren Jurnalistik.
Trik Menulis yang baik
Menulislah
 jangan terlalu panjang, manakala Anda membuat 1 alinea maka buatlah 
kalimat yang pendek. Kita pahami SPOK, jangan lebih dari 7 kata didalam 
sebuah kalimat. Kalaupun terpaksa panjang didalam membuat sebuah 
kalimat, jangan lebih dari 12 kata. Alinea yang baik tidak lebih dari 4 
kalimat. Salah satu referensi saya terkait struktur menulis yang baik 
contoh dan lihat Tempo.
Rahasia dibalik Dua Mata
Kegunaan
 mata itu untuk menilai diri kita sendiri dan juga dipakai untuk menilai
 orang lain ataupun diri kita. Jadi yang karya kita dilihat dari dua 
sisi tersebut yakni diri sendiri dan orang lain.
Bagaimana Mengelola Media Online ?
Ingin supaya media online anda dikunjungi. Oleh karenanya, Anda harus sering-sering meng-update dalam 1 hari misalkan 5 berita. Mengapa Detik.com menjadi no. 5 di Indonesia yang dikunjungi, itu karena hampir setiap detik ada sesuatu yang baru.
Contoh kekeliruan dalam media online
Ketika
 diawal kita membuat media online, kita punya semangat dan kemudian 
membeli domain saja (sekitar 100 ribu), biaya desain yang bagus sekitar 
1,5 juta dan hosting yang lumayan mahal. Ketika udah jadi, kemudian 
diawal-awal diisi sekali posting. Postingan berikutnya terlihat susah 
dan terjadi kemalasan hingga kemudian website atau media online kita 
sepi.
Maka dari itu perlu perencanaan yang matang terkait 
apa yang harus dilakukan sebelu membuat media online atau website. 
Setidaknya ada yang bertugas untuk meng-update postingan secara berkala. kami hanya terdiri dari 7 orang saja, begitulah pemaparan pembicara.
Jadi,
 Didalam membuat online yang besar tidak perlu organisasi yang besar. 
Mungkin cuma perlu 3-7 orang itu sudah cukup. Yang terpenting ialah 
siapa yang aktif meng-update, siapa yang menulis. Menulis itu tidak dibutuhkan keahlian khusus. Bagi teman-teman yang memiliki blog bisa hanya dengan men-copast kemudian membubuhi link yang di-copast tadi dan itu sah-sah saja. Kuncinya sukses di media online ialah harus sering meng-update. yang terakhir melakukan proses pengawasan terkait apa yang diposting dan apakah sudah ter-update dengan baik (misal setiap harinya). 
Sedikit catatan bahwa, jika team yang mengelola media online terbatas maka cukup 3 kanal saja didalam website.
Struktur didalam Media Online
Harus
 memiliki penanggung jawab media online yang kemudian disebut pimpina 
redaksi (disingkat pimred), wakil pimred (kalau orang yang mengelola 
terbatas tidak perlu ada wakil).
Pengurus Inti (bertugas 
melakukan rapat perencanaan) terdiri dari ketua, sekretaris (atau 
koordinator peliputan), bendahara (selain mengelola keuangan, bisa 
memberikan reward  tidak harus dalam bentuk uang, bisa sekedar hadiah atau ucapan terima kasih).
Kami
 biasa tidak membiasakan semuanya mengantor. Didalam perencanaan itu 
yang dibahas ialah edisi ini saya akan menulis tentang apa, dan seorang 
pimpinan redaksi sebaiknya dia adalah orang yang memiliki public idea, bisa mengatakan Tolong tulis mengenai ini ?
Misal
 : Topik mengenai khatib tarawih pertama yakni oleh Pak rektor ? dan ini
 layak masuk media. Beliau menuturkan mengenai : "Bagaimana UGM menjadi 
Inspirator bagi lingkungan sekitar dan bermanfaat bagi lingkungan 
disekitar UGM. Apalagi kalau direkam (sya biasa tarus mp3 itu didekat 
pembicara, yang kami pikirkan ialah bagaiman manyampaikan kebaikan itu 
kepada orang lain).
Mp3 itu kira-kira 465 ribu. dan dari 
rekaman itu bisa kita tulis yang menarik untuk ditulis. Didalam menulis,
 tulislah dan beritakanlah mengenai lingkungan yang berada disekitar 
kita menjadi sebuah berita, tidak perlu terlalu makro.
Bagaimana Membiasakan Menulis ?
Menulis
 itu dimulai dari proses melihat dan tidak jauh dari rasa panca indera 
kita. Anda punya mata, punya telinga dan punya hati. Maka tulislah apa 
yang Anda lihat. Anda bisa mendeskripsikan ruangan ini dengan indera 
anda kemudian dijadikan sebuah tulisan yang sederhana. Dan diantara 
tulisan, tulisan mengenai deskripsi itu yang memiliki kekuatan.
Bagaimana jika personel media kita sedikit ?
Misalkan
 saja ada 3 orang didalam media yang kita kelola termasuk diri kita. 
Strukturnya bisa ; 1 Pengurus Inti, 1 Reporter, 1 Layout. Reporter bisa 
juga kita minta tolong teman atau relasi yang pandai dibidang repoter. 
Kalau Layout kalau beli cover bagus sekitar 1 juta. Kalau 1 Reporter dan
 1 Layout punya sendiri itu lebih bagus.
Bagaimana Tahapan didalam Menerbitkan dan Teknis Menerbitkan dengan biaya yang murah ?
Bagaimana caranya tanpa dana sama sekali didalam menerbitkan karya semisal majalah dsb, caranya ialah berjualan proposal.
contoh Konteks pelobian : "In syaa Allah akan kami liput kegiatang Anda disebuah Majalah atau tabloit kami."
Atau
 cara lainnya yakni karya tabloit, majalah atau buletin Anda diberikan 
kesurat kabar nasional atau ketokoh-tokoh atau ke alumi (jika anda 
disebuah organisasi) untuk sekedar mendapat dana.
Ketika 
kita buat proposal, gagal. maka buat yang lain dan coba terus 
mengirimkan proposal. Kirimi Alumni, "in syaa Allah kami akan 
menerbitkan Topik mengenai Bapak." atau melobi pihak tertentu (takmir) 
terkait keinginan membuat misal "Media Masjid Kampus", supaya mendapat 
dana dan memberitahukan kegiatan Masjid Kampus.
Didalam Menerbitkan Kita memiliki prinsip-prinsip diantaranya bisa pilih salah satu,hmm
1. BODOL (Berani, Optimis dan pakai Duit Orang Lain untuk menerbitkan media kita)
2. BOSOL (Berani, Optimis dan pakai Sertifikat Orang Lain untuk menerbitkan media kita)
3. BOTOL (Berani, Optimis dan pakai Tempat Orang Lain untuk menerbitkan media kita)
Apa itu Dakwah ?
Dakwah ialah upaya untuk menumbuhkan kecenderungan dan ketertarikan kepada Islam.
Baca dan pahami :
QS. Al-'Ashr : 1-3,
QS. Fushshilat : 33
Dalam
 sebuah hadits dijelaskan bahwa, Rasulullah saw bersabda : "Barang siapa
 yang melihat kemungkaran hendaklah ia mengubah dengan tanganya, jika 
tidak mampu, hendaklah dengan ucapannya, jika tidak mampu juga, denga 
hatinya, namun hal itu adalah selemah-selemahnya iman."
Dakwah Itu Utuh dan Tidak Parsial
Baca dan pahami :
QS. Al-Baqarah : 208
QS. Al-Baqarah : 85
Malapetaka, Manakala Dakwah Itu Ditinggalkan
Baca dan pahami :
QS. Al-Anfaal : 25
Prinsip Berita dan Pemberitaan
Baca dan pahami :
Al-Qalam
QS. Al-An'am : 162
Iqro (Bacalah !)
QS. Al-Anfaal : 60
QS. Al-Hujuraat : 6
QS. Az-Zalzalah : 7-8
QS. At-Taubah : 32-33/ QS. Ash-Shaff : 8-9
6 Kaidah Komunikasi Perspektif Islam
1. Qaulan Sadida (Perkataan yang jelas) , dalam surat QS. An-Nisa : 9
2. Qaulan Ma'rufa (Perkataan yang baik) , dalam surat QS. Al-Baqarah : 235, 263 dan QS. An-Nisa : 5,8 dan QS. Al-Ahzab : 32
3. Qaulan Baligha (Perkataan yang sampai dan meninggalkan bekas di dalam jiwa seseorang), dalam surat QS. An-Nisa : 63
4. Qaulan Maysura (Perkataan yang mudah) , dalam surat QS. Al-Isra' : 28
5. Qaulan Layyina (Perkataan yang lemah lembut), dalam surat QS. Taha : 44
6. Qaulan Karima (Perkataan yang mulia) , dalam surat QS. Al-Isra' : 23
Apa yang diinformasikan didalam produk jurnalistik ?
1. Fakta
2. Aktual
3. Kedekatan
4.Jumlah yang Besar, sesuatu yang berjumlah besar dan berdampak besar misal Aksi Sosial, Penggalangan Dana, Demonstrasi, dsb
5. Unik, sesuatu yang tidak biasa.
6. Konflik/Perbedaan
7. Tenar (mengenai tokoh atau nama yang terkenal)
8. Tren (Menggejala di Masyarakat)
Bagaimana Mencari suatu Gagasan (konten)
1. Tulisan kepribadian (profil)
2. Tulisan mengenai sejarah
3. Tulisan Petualang
4.
 Tulisan yang sifatnya Musiman, contohnya mengenai Hari Libur Nasional, 
Hari raya suatu Agama, Piala Dunia, Turnamen Bulutangkis dsb
5. Tulisan yang Interpretatif
6. Tulisan Soal Kilat
Gaya Berita itu ada positivisme dan kritik, pilih yang mana ?, hmm
6 Unsur Berita
1. Peristiwa apa yang terjadi (what) ?
2. Siapa yang terlibat (who) ?
3. Kapan terjadi (When) ?
4. Dimana kejadiannya (Where) ?
5. Mengapa terjadi peristiwa itu (Why) ?
6. Bagaimana kejadiannya (How) ?
Perencanaan Social Media
Dari
 program, pusat data interaksi sosial, dan Riset --> Klien (menuju ke
 Isu) --> Pesan --> Komunikasi Sosial --> Penerima kembali lagi
 ke awal.
Sistematika Kerja
Diurutkan
 dari yang teratas hingga kebawah (disusun secara hierarki) maka di 
dalam sistematik bekerja ada strukturnya yang terdiri dari :
Owner
|
v
Administrator (dibagi menjadi 4 bagian)
|
v
1. Jejaring sosial, misalkan : FB, Twitter, dsb.2. Sosialisasi, misalkan : Kaskus, Wordpress, pinterest, website, dsb
3. SEO, misalkan : Iklan Baris, Jejaring iklan
4. Chat, misalkan : YM, BB, dsb
Beberapa jam-jam strategis didalam meng-update (24 jam berkala setiap hari) :
07.00 - 08.00
10.00 - 11.00
13.00 - 14.00
16.00 - 17.00
19.00 - 20.00
20.00 - 21.00
22.00 - 23.00
Pengukuran hasil (pencapaian kinerja) di media Online, bisa dilihat melalui :
1.
 Traffic google, terkait pencarian kata kunci (usahakan kata kunci 
dibuat lebih mudah dicari), SEO, pengikut, pencarian di google.
2. Traffic jejaring, terkait comment (banyak sedikitnya yang komentar atau nge-like, Member, Reply
Fee Administrator :
Biaya bulanan internet
Biaya pulsa online, dsb
wallahu 'alam
Referensi :
Terinspirasi
 Pesantren Jurnalistik "media sosial sebagi upaya mencegah kedzliman" , 
28 - 29 Juni 2014 di FEB UGM oleh Persatuan Jurnalis Muslim Indonesia 
(PJMI) dkk, Ramadhan di kampus 1435 H.
http://menjadihebat.blogspot.com/2013/02/macam-macam-qaulan-dalam-al-quran.html
http://hannazakiyya.files.wordpress.com/2012/01/tulisan.jpg




 Posted in:  
0 komentar:
Posting Komentar