Selamat datang di website kami, Haidar Khotir, semoga sajian kami bermanfaat

Dalam Bingkai Jurnalistik Islam


Bagaimanakah Mekanisme membuat sebuah Berita ?

Pahami Audiens Anda
Buatlah target Audiens Anda
Pahami berita atau cerita Anda
Fokuslah pada berita atau cerita Anda.
Bertanyalah dan jangan berasumsi terhadap berita atau cerita Anda
Apakah Anda sudah menanyakan semua yang diperlukan untuk cerita Anda ?
Buatlah catatan akurat Anda, Anda bertanggung jawab atas informasi yang dipakai ?
Sebutkan sumber berita atau catatan Anda
Periksalah dan cari konfirmasi untuk cerita Anda
Buatlah berita Anda secara lugas dan terus terang
Katakan apa yang sebenarnya
Pastikan berita anda akurat
Apakah berita Anda seimbang ?
Apakah berita Anda Adil ?
Apakah Anda sudah menggunakan bahasa Aktif ?

Bagaimana cara supaya karya kita bisa termuat di media massa (Trik Menulis di Media massa) ,
diantaranya :
Harus dekat dengan wartawan (maksudnya Anda harus mengenal siapa orang yang mengelola surat kabar itu, kemudian mengatakan dan menyerahkan karya kepada redaksi bolehkan tulisan saya dimuat), mengkaji mengenai buku-buku terkait wartawan dan siapa wartawan yang bisa jadi model 'tokoh dalam pikiran saya'.

Bagaimana menghitung kecerdasan finansial ?

Kecerdasan finansial = Penghasilan yang dimiliki (dalam satu bulan) dibagi dengan Kebutuhan yang dikeluarkan dalam jangka waktu (misal sebulan).

Kiat-Kiat Membuat Pelatihan Jurnalistik yang baik?
Menurut saya pribadi pelatihan jurnalistik yang cukup baik itu 5 Hari dulu itu dari jam 8 pagi - 10 malam, intensif dan fokus, Output dari acara pelatihan jurnalistik ialah membuat sebuah mading yang berisi berita, Tutur salah satu pembicara dalam Pesantren Jurnalistik.

Trik Menulis yang baik

Menulislah jangan terlalu panjang, manakala Anda membuat 1 alinea maka buatlah kalimat yang pendek. Kita pahami SPOK, jangan lebih dari 7 kata didalam sebuah kalimat. Kalaupun terpaksa panjang didalam membuat sebuah kalimat, jangan lebih dari 12 kata. Alinea yang baik tidak lebih dari 4 kalimat. Salah satu referensi saya terkait struktur menulis yang baik contoh dan lihat Tempo.

Rahasia dibalik Dua Mata

Kegunaan mata itu untuk menilai diri kita sendiri dan juga dipakai untuk menilai orang lain ataupun diri kita. Jadi yang karya kita dilihat dari dua sisi tersebut yakni diri sendiri dan orang lain.

Bagaimana Mengelola Media Online ?

Ingin supaya media online anda dikunjungi. Oleh karenanya, Anda harus sering-sering meng-update dalam 1 hari misalkan 5 berita. Mengapa Detik.com menjadi no. 5 di Indonesia yang dikunjungi, itu karena hampir setiap detik ada sesuatu yang baru.

Contoh kekeliruan dalam media online

Ketika diawal kita membuat media online, kita punya semangat dan kemudian membeli domain saja (sekitar 100 ribu), biaya desain yang bagus sekitar 1,5 juta dan hosting yang lumayan mahal. Ketika udah jadi, kemudian diawal-awal diisi sekali posting. Postingan berikutnya terlihat susah dan terjadi kemalasan hingga kemudian website atau media online kita sepi.

Maka dari itu perlu perencanaan yang matang terkait apa yang harus dilakukan sebelu membuat media online atau website. Setidaknya ada yang bertugas untuk meng-update postingan secara berkala. kami hanya terdiri dari 7 orang saja, begitulah pemaparan pembicara.

Jadi, Didalam membuat online yang besar tidak perlu organisasi yang besar. Mungkin cuma perlu 3-7 orang itu sudah cukup. Yang terpenting ialah siapa yang aktif meng-update, siapa yang menulis. Menulis itu tidak dibutuhkan keahlian khusus. Bagi teman-teman yang memiliki blog bisa hanya dengan men-copast kemudian membubuhi link yang di-copast tadi dan itu sah-sah saja. Kuncinya sukses di media online ialah harus sering meng-update. yang terakhir melakukan proses pengawasan terkait apa yang diposting dan apakah sudah ter-update dengan baik (misal setiap harinya). 

Sedikit catatan bahwa, jika team yang mengelola media online terbatas maka cukup 3 kanal saja didalam website.

Struktur didalam Media Online

Harus memiliki penanggung jawab media online yang kemudian disebut pimpina redaksi (disingkat pimred), wakil pimred (kalau orang yang mengelola terbatas tidak perlu ada wakil).

Pengurus Inti (bertugas melakukan rapat perencanaan) terdiri dari ketua, sekretaris (atau koordinator peliputan), bendahara (selain mengelola keuangan, bisa memberikan reward  tidak harus dalam bentuk uang, bisa sekedar hadiah atau ucapan terima kasih).

Kami biasa tidak membiasakan semuanya mengantor. Didalam perencanaan itu yang dibahas ialah edisi ini saya akan menulis tentang apa, dan seorang pimpinan redaksi sebaiknya dia adalah orang yang memiliki public idea, bisa mengatakan Tolong tulis mengenai ini ?
Misal : Topik mengenai khatib tarawih pertama yakni oleh Pak rektor ? dan ini layak masuk media. Beliau menuturkan mengenai : "Bagaimana UGM menjadi Inspirator bagi lingkungan sekitar dan bermanfaat bagi lingkungan disekitar UGM. Apalagi kalau direkam (sya biasa tarus mp3 itu didekat pembicara, yang kami pikirkan ialah bagaiman manyampaikan kebaikan itu kepada orang lain).

Mp3 itu kira-kira 465 ribu. dan dari rekaman itu bisa kita tulis yang menarik untuk ditulis. Didalam menulis, tulislah dan beritakanlah mengenai lingkungan yang berada disekitar kita menjadi sebuah berita, tidak perlu terlalu makro.

Bagaimana Membiasakan Menulis ?

Menulis itu dimulai dari proses melihat dan tidak jauh dari rasa panca indera kita. Anda punya mata, punya telinga dan punya hati. Maka tulislah apa yang Anda lihat. Anda bisa mendeskripsikan ruangan ini dengan indera anda kemudian dijadikan sebuah tulisan yang sederhana. Dan diantara tulisan, tulisan mengenai deskripsi itu yang memiliki kekuatan.

Bagaimana jika personel media kita sedikit ?

Misalkan saja ada 3 orang didalam media yang kita kelola termasuk diri kita. Strukturnya bisa ; 1 Pengurus Inti, 1 Reporter, 1 Layout. Reporter bisa juga kita minta tolong teman atau relasi yang pandai dibidang repoter. Kalau Layout kalau beli cover bagus sekitar 1 juta. Kalau 1 Reporter dan 1 Layout punya sendiri itu lebih bagus.

Bagaimana Tahapan didalam Menerbitkan dan Teknis Menerbitkan dengan biaya yang murah ?

Bagaimana caranya tanpa dana sama sekali didalam menerbitkan karya semisal majalah dsb, caranya ialah berjualan proposal.

contoh Konteks pelobian : "In syaa Allah akan kami liput kegiatang Anda disebuah Majalah atau tabloit kami."
Atau cara lainnya yakni karya tabloit, majalah atau buletin Anda diberikan kesurat kabar nasional atau ketokoh-tokoh atau ke alumi (jika anda disebuah organisasi) untuk sekedar mendapat dana.

Ketika kita buat proposal, gagal. maka buat yang lain dan coba terus mengirimkan proposal. Kirimi Alumni, "in syaa Allah kami akan menerbitkan Topik mengenai Bapak." atau melobi pihak tertentu (takmir) terkait keinginan membuat misal "Media Masjid Kampus", supaya mendapat dana dan memberitahukan kegiatan Masjid Kampus.

Didalam Menerbitkan Kita memiliki prinsip-prinsip diantaranya bisa pilih salah satu,hmm

1. BODOL (Berani, Optimis dan pakai Duit Orang Lain untuk menerbitkan media kita)
2. BOSOL (Berani, Optimis dan pakai Sertifikat Orang Lain untuk menerbitkan media kita)
3. BOTOL (Berani, Optimis dan pakai Tempat Orang Lain untuk menerbitkan media kita)

Apa itu Dakwah ?

Dakwah ialah upaya untuk menumbuhkan kecenderungan dan ketertarikan kepada Islam.

Baca dan pahami :
QS. Al-'Ashr : 1-3,
QS. Fushshilat : 33

Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa, Rasulullah saw bersabda : "Barang siapa yang melihat kemungkaran hendaklah ia mengubah dengan tanganya, jika tidak mampu, hendaklah dengan ucapannya, jika tidak mampu juga, denga hatinya, namun hal itu adalah selemah-selemahnya iman."

Dakwah Itu Utuh dan Tidak Parsial

Baca dan pahami :
QS. Al-Baqarah : 208
QS. Al-Baqarah : 85

Malapetaka, Manakala Dakwah Itu Ditinggalkan

Baca dan pahami :
QS. Al-Anfaal : 25

Prinsip Berita dan Pemberitaan

Baca dan pahami :
Al-Qalam
QS. Al-An'am : 162
Iqro (Bacalah !)
QS. Al-Anfaal : 60
QS. Al-Hujuraat : 6
QS. Az-Zalzalah : 7-8
QS. At-Taubah : 32-33/ QS. Ash-Shaff : 8-9

6 Kaidah Komunikasi Perspektif Islam

1. Qaulan Sadida (Perkataan yang jelas) , dalam surat QS. An-Nisa : 9
2. Qaulan Ma'rufa (Perkataan yang baik) , dalam surat QS. Al-Baqarah : 235, 263 dan QS. An-Nisa : 5,8 dan QS. Al-Ahzab : 32
3. Qaulan Baligha (Perkataan yang sampai dan meninggalkan bekas di dalam jiwa seseorang), dalam surat QS. An-Nisa : 63
4. Qaulan Maysura (Perkataan yang mudah) , dalam surat QS. Al-Isra' : 28
5. Qaulan Layyina (Perkataan yang lemah lembut), dalam surat QS. Taha : 44
6. Qaulan Karima (Perkataan yang mulia) , dalam surat QS. Al-Isra' : 23

Apa yang diinformasikan didalam produk jurnalistik ?

1. Fakta
2. Aktual
3. Kedekatan
4.Jumlah yang Besar, sesuatu yang berjumlah besar dan berdampak besar misal Aksi Sosial, Penggalangan Dana, Demonstrasi, dsb
5. Unik, sesuatu yang tidak biasa.
6. Konflik/Perbedaan
7. Tenar (mengenai tokoh atau nama yang terkenal)
8. Tren (Menggejala di Masyarakat)

Bagaimana Mencari suatu Gagasan (konten)

1. Tulisan kepribadian (profil)
2. Tulisan mengenai sejarah
3. Tulisan Petualang
4. Tulisan yang sifatnya Musiman, contohnya mengenai Hari Libur Nasional, Hari raya suatu Agama, Piala Dunia, Turnamen Bulutangkis dsb
5. Tulisan yang Interpretatif
6. Tulisan Soal Kilat

Gaya Berita itu ada positivisme dan kritik, pilih yang mana ?, hmm

6 Unsur Berita

1. Peristiwa apa yang terjadi (what) ?
2. Siapa yang terlibat (who) ?
3. Kapan terjadi (When) ?
4. Dimana kejadiannya (Where) ?
5. Mengapa terjadi peristiwa itu (Why) ?
6. Bagaimana kejadiannya (How) ?

Perencanaan Social Media

Dari program, pusat data interaksi sosial, dan Riset --> Klien (menuju ke Isu) --> Pesan --> Komunikasi Sosial --> Penerima kembali lagi ke awal.

Sistematika Kerja

Diurutkan dari yang teratas hingga kebawah (disusun secara hierarki) maka di dalam sistematik bekerja ada strukturnya yang terdiri dari :
Owner
|
v
Administrator (dibagi menjadi 4 bagian)
|
v
1. Jejaring sosial, misalkan : FB, Twitter, dsb.2. Sosialisasi, misalkan : Kaskus, Wordpress, pinterest, website, dsb
3. SEO, misalkan : Iklan Baris, Jejaring iklan
4. Chat, misalkan : YM, BB, dsb

Beberapa jam-jam strategis didalam meng-update (24 jam berkala setiap hari) :

07.00 - 08.00
10.00 - 11.00
13.00 - 14.00
16.00 - 17.00
19.00 - 20.00
20.00 - 21.00
22.00 - 23.00

Pengukuran hasil (pencapaian kinerja) di media Online, bisa dilihat melalui :

1. Traffic google, terkait pencarian kata kunci (usahakan kata kunci dibuat lebih mudah dicari), SEO, pengikut, pencarian di google.
2. Traffic jejaring, terkait comment (banyak sedikitnya yang komentar atau nge-like, Member, Reply

Fee Administrator :

Biaya bulanan internet
Biaya pulsa online, dsb

wallahu 'alam

Referensi :
Terinspirasi Pesantren Jurnalistik "media sosial sebagi upaya mencegah kedzliman" , 28 - 29 Juni 2014 di FEB UGM oleh Persatuan Jurnalis Muslim Indonesia (PJMI) dkk, Ramadhan di kampus 1435 H.
http://menjadihebat.blogspot.com/2013/02/macam-macam-qaulan-dalam-al-quran.html
http://hannazakiyya.files.wordpress.com/2012/01/tulisan.jpg

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes