Selamat datang di website kami, Haidar Khotir, semoga sajian kami bermanfaat

Persaudaraan Islam


Ketika kita melihat fenomena yang terjadi, mendengar fenomena yang terjadi antar saudara muslim. Bahkan ada yang membicarakan mengenai fenomena antar saudara muslim. fenomena itu adalah perpecahan yang diakibatkan perbedaan. Perbedaan yang sering diperdebatkan atau saling berbantah-bantahan ialah perbedaan yang tidak pada substansi dan perbedaan lebih pada ranah furu' (cabang) bahkan furu'ul furu (cabang dari cabang yang ada). Begitulah fenomena yang terjadi.

Bisa jadi perbedaan organisasi pun bisa menjadi masalah. Merasa organisasinya paling benar dan menyingkirkan yang lain. Kita hendaknya membuka hati dan memahami betapa organisasi itu hanyalah sebuah sarana, ibarat orang yang mau ke tempat tinggalnya dan membutuhkan sarana untuk mencapai ke tujuan tersebut. Ada yang naik sepeda motor dan ada yang naik mobil bahkan ada yang naik pesawat. Itulah suatu sarana. Ada sebagian yang memaknai suatu organisasi ibarat suatu aqidah dan menjadikan orang tersebut ashabiyah sehingga beda sedikit sudah pecah dan ada persaingan disini yang persaingannya bukan menuju Allah subhanahu wata'ala yang dimaknai sebagai berlomba-lomba dalam kebaikan namun bukan itu, persaingan yang dilakukan lebih kepada urusan kepentingan golongan semata.

Dalam perbedaan ini hendaknya kita berfokus pada tujuan yang mulia yakni menegakkan agama Allah, menegakkan kalimat tauhid. Allah subhanahu wata'ala menegaskan dalam surat al-hujurat mengenai orang-orang mukmin itu sesungguhnya bersaudara,

"Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat." (QS. Al-Hujurat [49] : 10)

Marilah kita walaupun berbeda organisasi dan memiliki banyak perbedaan dan jadikanlah perbedaan itu yang menyatukan kita. Dan mari kita utamakan persaudaraan Islam dan persaudaraan umat dan niatkanlah hanya untuk mengagungkan Allah dengan menegakan kalimat tauhid di muka bumi ini.

"Dan agungkanlah Tuhanmu (Allah)." (QS. Al-Mudatstsir [74] :3)

Referensi :
Khutbah Jum'at di FMIPA UGM
http://gambarhadits.blogspot.com/2014/12/qs-al-hujuraat-10-persaudaraan-umat.html

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes