Selamat datang di website kami, Haidar Khotir, semoga sajian kami bermanfaat

Meneladani Hidup Sehat Ala Rasulullah


Pola hidup modern banyak menyisakan masalah. Lebih khusus lagi masalah pola makan dan aktivitas. Sedentery life style, membuat orang jatuh dalam kondisi obesitas atau kegemukan. Dan orang yang gemuk sering tidak merasa gemuk dan tidak mengaku gemuk. Padahal kondisi yang demikian merupakan hal yang berada diluar batasan atau kisaran sehat. Dan kondisi yang demikian pula memiliki resiko penyakit-penyakit degeneratif seperti diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan kanker.

Keunikan manusia dalam ukuran ;

[1] Tiga jengkal telapak tangan jaraknya kurang lebih sama dengan ujung dari jari tangan sampai ketiak.
[2] Satu jengkal telapak tangan jaraknya kurang lebih sama dengan ujung dagu sampai tumbuhnya rambut dan juga kurang lebih sama dengan jarak ujung cambang yang satu dengan ujung cambang yang lain.
[3] Delapan jengkal telapak tangan kurang lebih sama dengan tinggi manusia
[4] Telapak tangan kanan dan kiri sama
[5] Kaki tingginya sekitar empat jengkal

Cara tes kegemukan, diantaranya :

[1] Satukan antar jari kalau tidak bertemu di lingkar pinggang berarti gemuk. kalau dalam pengukuran pada laki-laki lingkar pinggang normal tidak boleh lebih dari 90 cm sedangkan pada wanita tidak boleh lebih dari 80 cm dan itu dikatakan ideal, atau 

[2] Dengan cara mengurangi tinggi badan (dalam cm) dengan 110 (dalam cm), Hitung hasilnya. Kemudian kalau kurang dari hasil perhitungan maka kurus, kalau lebih besar dari itu gemuk dan kalau dekat-dekat dengan hasil perhitungan maka berat badannya ideal (dalam kg).

Misal : Adi memiliki tinggi 170 (dalam cm). Berat badan Ideal = tinggi (dalam cm) - 110 (dalam cm) . Artinya berat badan ideal Adi = 170 - 110 sama dengan 60 (dalam kg).

[3] Dengan menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT)

Indeks massa tubuh = berat badan (dalam kg) dibagi dengan kuadrat tinggi badan (dalam m)

Kesimpulan :

Bila hitungan IMT < 18,5 maka orang tersebut dinyatakan kurus atau berat badannya kurang.
Bila hitungan IMT antara 18,5 s.d. 24,9 maka orang tersebut dinyatakan berat badanya ideal atau normal
Bila hitungan IMT antara 25,0 s.d. 29,9 maka orang tersebut dinyatakan kelebihan berat badan (overweight)
Bila hitungan IMT = 30 atau lebih dari 30 maka orang tersebut dinyatakan kegemukan (Obese)

Pada dasarnya untuk gemuk itu mudah dan untuk kurus dari gemuk itu sulit.

Data,

Beberapa tahun terakhir kita pernah mendengar istilah mall nutrisi atau bayi yang kekurangan gizi dan kurus kering. Angka mall nutrisi yang terjadi di Indonesia kurang dari 1 %. Yang sering disorot di media adalah mengenai mall nutrisi padahal hanya 1 % saja. Kenapa yang lebih gizi atau kegemukan itu tidak di sorot di media. Padahal kalau dilihat dari data DKI Jakarta pada tahun 2006 sebanyak 67 % warga Jakarta memiliki berat badan yang beresiko (Overweiht dan obesitas) artinya kalau ada 4 orang warga DKI Jakarta maka salah satunya gemuk. Padahal kegemukan beresiko dan berpotensi menimbulkan banyak penyakit seperti Struk, Penyakit Gula, Hipertensi, Penyakit Paru, Liver, Penyakit Jantung, Penyakit ginjal dsb.

Seseorang yang gemuk seperti seseorang yang makan jatah beberapa bulan dan makannya berlebih.

Memperbaharui Persepsi,

Banyak riset menunjukkan tingkat obesitas di negara maju seperti Amerika Serikat cenderung lebih tinggi ketimbang negara-negara berkembang seperti Indonesia. Tapi ternyata anggapan itu keliru. Tingkat obesitas di Indonesia dan Amerika Serikat ternyata tidak jauh berbeda.

Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam adalah suri tauladan yang baik,

"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah." (QS. Al-Ahzab [33] : 21)

Sebenarnya Menghidupkan sunnah Rasulullah sama saja kita memelihara kesehatan kita.

Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam mengajarkan kepada kita,

[1] Makan dan minum, dan janganlah berlebih-lebihan

"Wahai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan." (QS. Al-A'raaf [7] : 31)

Di kalangan kehidupan para sahabat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam, mereka tidak pernah kenyang perutnya dalam 3 hari berturut-turut.

[2] Makan ketika lapar dan berhenti makan sebelum kenyang

“Kita (kaum muslimin) adalah kaum yang hanya makan bila lapar dan berhenti makan sebelum kenyang“

Hadits ini dhaif, akan tetapi maknanya benar menurut Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah, dan menurut Al-Lajnah Ad-Da`imah li Al-Buhuts wa Al-Ifta`[3] menjawab, “Setahu kami, lafazh ini bukanlah hadits.

Di dalam perut kita yang lapar sejatinya ada semangat dari rasa malas karena tidak kenyang, ada kesyukuran, ada kejernihan, ada beningnya penalaran, dan ada jernihnya dari hawa nafsu.

[3] Sumber penyakit itu ada di lambung

Tidak ada bejana yang diisi oleh manusia yang lebih buruk dari perutnya, cukuplah baginya memakan beberapa suapan sekedar dapat menegakkan tulang punggungnya (memberikan tenaga), maka jika tidak mau, maka ia dapat memenuhi perutnya dengan sepertiga makanan, sepertiga minuman dan sepertiga lagi untuk bernafasnya.” (HR. Ahad, Ibnu Majah)

dan rahasianya ada pada lambung. Dan seburuk-buruk tempat atau wadah adalah perut kita alias lambung.

Lambung itu isinya berapa cc yang ditampung ? Dalam anatomi tubuh manusia kapasitasnya hanya sekitar 1500 cc.

1 porsi makanan batasannya sekitar sepertiga dikali 1500 cc = 500 cc. Namun yang sering terjadi 1 porsi makan mahasiswa sama dengan 1 porsi tukang yang makannya banyak, hehe.

Kalau bakso kira-kira volumenya sekitar 300 - 400 cc untuk sekali makan dan untuk sekali minum kira-kira 600 cc dan untuk udara kira-kira 500 cc. artinya itu sudah cukup untuk mengisi lambung yang volumenya kira-kira 1500 cc.

Lebih dari 1500 cc akan membuatnya berlebihan dalam makan. Apalagi kalau banyak cemilan, hehe.

Kalau jajanan seperti siomay, martabak itu kalau dimakan satu porsi tersendiri.

Prinsipnya kita makan 3 kali sehari karena lambung kita akan kosong setelah 8 jam dari waktu kita makan.

[4] Kurma itu makanan penuh berkah dan makan 7 butir kurma tiap hari menghindarkan gangguan syaitan (sihir).

“Barang siapa yang makan tujuh butir kurma ‘ajwah pada setiap pagi, maka racun dan sihir tidak akan mampu membahayakannya pada hari itu". (HR Bukhari & Muslim)

[5] Keutamaan menjalankan puasa sunnah senin-kamis

Beberapa Hikmah,

[1] Sebaiknya tidur pada malam hari dengan mematikan lampu

Sebuah riset ilmiyah terbaru menegaskan bahwa tetap menyalanya lampu pada saat tidur akan mempengaruhi proses biologis yang ada di dalam otak manusia, dan hal tersebut akan menyebabkan gangguan-gangguan yang mengakibatkan kegemukan. Oleh karena itu para ilmuwan berpesan agar kita senantiasa mematikan lampu pada malam hari dalam rangka memelihara kesehatan tubuh dan otak.

Dan juga hormon melatonin atau hormon reparasi yang akan bekerja dimalam hari apabila dalam situasi gelap sama sekali.

Dan Subhanallah, pesan yang baru diketahui oleh para ilmuwan pada abad 21, telah disampaikan sebelumnya oleh Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sejak 14 abad yang lalu. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda dalam hadits shahih:


"Padamkanlah lampu-lampu di malam hari pada saat kalian tidur di malam hari, kuncilah pintu dan tutuplah bejana, makanan dan minuman." (HR. al-Bukhari)

[2] Sebaiknya tidak olahraga pada malam hari

Dampak negatif olahraga di malam hari,

Olahraga yang dilakukan saat malam hari bisa memicu gangguan yang terjadi pada organ sistem pernapasan karena kandungan oksigen di waktu malam lebih sedikit dibanding siang hari.

Karena itu, orang yang sering berolahraga pada malam hari sering mengalami gangguan kesehatan, terutama pernapasan.Olahraga pada malam hari juga bisa membuat bagian tubuh tertentu menjadi cidera.

Pasalnya, daya penglihatan pada malam hari cenderung berkurang dibanding pada saat siang. Meskipun didukung dengan lampu penerangan yang memadai, namun cahaya lampu berbeda dengan cahaya matahari yang alami yang tentunya lebih baik untuk kesehatan mata.

Terlalu sering melakukan olahraga malam akan membuat daya tahan tubuh menjadi semakin berkurang. Apalagi jika di siang harinya Anda juga memiliki pekerjaan yang harus dilakukan yang tentunya juga melelahkan. Orang yang sering berolahraga pada malam hari akan lebih mudah sakit dibanding orang yang melakukan olahraga diwaktu siang. Bukannya mendapat manfaat olahraga untuk kesehatan, olahraga pada malam hari justru memberikan dampak negatif bagi kesehatan kita.Olahraga malam hari dapat menyebabkan nyeri sendi.

Hal ini disebabkan karena suhu udara pada malam hari lebih dingin, sedangkan suhu tubuh yang hangat dipaksa untuk menerima suhu sekitarnya.Olahraga malam hari sebabkan insomnia.

Orang yang berolahraga pada malam hari maka akan lebih segar setelahnya sehingga lebih sulit untuk tidur. Bukannya badan semakin sehat, efek buruk olahraga saat malam hari malah bisa sebabkan gangguan kesehatan.

Dan Allah subhanahu wata'ala sudah menjelaskan kepada kita bahwa waktu malam hendaknya untuk istirahat dan siang untuk mencari karunia-Nya dan pasti ada hikmahnya. "Dialah yang menjadikan malam bagi kamu supaya kamu beristirahat padanya dan (menjadikan) siang terang benderang (supaya kamu mencari karunia Allah). Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang mendengar." (QS. Yunus [10] : 67)

[3] Waktu tidur yang dilarang oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. diantaranya :

1- Tidur selepas makan.
2- Tidur sepanjang hari.
3- Tidur selepas solat Subuh dan awal pagi.
4- Tidur pada waktu ashar.
5- Tidur sebelum solat Isya'.

Dan disetiap yang dilarang oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam senantiasa ada hikmahnya walaupun belum ada hasil penelitiannya.

Tips Supaya Berat Badan Ideal bagi yang mengalami kegemukan ataupun yang kurus,

[1] Untuk yang gemuk supaya ideal,

- Pangkas separo dari porsi (untuk diet)

Misal : Biasanya nasinya 1 porsi di setiap makan maka untuk program ini dipangkas jadi setengah porsi. atau kalau makan roti ambil separonya saja.

Perilaku istiqomah seperti ini tidak akan menyiksa badan hanya menguranginya dan in syaa Allah berat badan menurun dalam satu bulan.

- Dari sisi olahraga

Biasakan olahraga setiap hari selama 30 menit atau satu minggu 4 kali. Dan perlu dipaksakan.

Dikatakan berolahraga seseorang bila :
a. Nafas terengah-engah
b. Detak jantung berdegup kencang
c. Keringat bercucuran

Kalau ada orang mengatakan mencuci itu olahraga namun hanya memiliki ciri keringatan saja maka itu bukan olahraga. atau orang makan bakso atau makanan yang pedas kemudian keringat bercucuran maka itu bukan olahraga.

- Lakukan Puasa Senin Kamis dan Dijaga pola makan diet.

Jangan sampai ketika berbuka pelampiasan. Kalau seperti ini programnya sulit berhasil.

[2] Untuk yang kurus supaya Ideal,

- Lakukan jadwal makan yang teratur dan tetap dengan jumlah yang tetap

- Disela-sela makan ada ngemil berat semisal arem-arem, martabak, siomay, dsb.

- Lakukan seperti itu terus in syaa Allah berat badan akan naik.

Cara Membaca Sunnah di Abad Modern,

Pada beberapa makanan dan minuman yang disebutkan dalam Al-Qur'an dan As-Sunnah kita yakini memang memiliki hikmah dan manfaatnya tersendiri. Dan perlu kita pahami bahwa untuk penyakit yang kronis sekali ya kita hendaklah berikhtiar untuk pergi ke dokter sebelum sesuatu hal fatal.

Tentang bekam, bekam adalah sunnah dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam karena Rasulullah pernah berbekam namun perlu menjadi catatan yang penting, jangan sampai kita mengatakan bahwa bekam adalah satu-satunya pengobatan. Mentang-mentang Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah berbekam, lalu kita plintir kesimpulannya menjadi : Kata Nabi, bekam itu obat segala penyakit apapun. Dan tidak boleh berobat kecuali hanya dengan bekam. Ini yang menjadi masalah.

Kita juga perlu cerdas memahami tentang bekam, jangan sampai orang yang berat badannya kurang dan dia anemia kemudian disedot darahnya itu juga bisa menimbulkan efek yang tidak baik.

Yang perlu menjadi pertanyaan kumpulan titik bekam dalam anggota tubuh manusia itu dari mana. Yang sering ditunjukkan ialah perbedaan warna darah arteri, warna darah vena dan warna darah ketika dibekam. Terus apa yang membedakan secara penelitian kedokteran. Ini perlu diteliti.

Bagi orang yang bekam yang dia menjadi korban, ada juga yang dibekam kemudian sakit tumor, dsb. Kita perlu fair didalam mentestimonikan ke masyarakat dan juga jangan sampai ada propaganda.

Salah kaprah yang sering terjadi di masyarakat tentang gemuk,

[1] Gemuk merupakan lambang kemakmuran. Padahal sebenarnya itu lambang hedonisme nafsu makan yang tak terbendung.

[2] Gemuk tidak masalah, yang penting sehat. Padahal BMI (Body Mass Index) > 35 itu morbid obeis (penyakit metabolik) yang sangat berbahaya.

[3] Makan saya sedikit kok, gemuknya. Dan orang yang seperti itu kemudian menyandarkan pada faktor genetis atau keturunan. Padahal sebelumnya kecil atau langsingapalagi kalau bukan soal "kebanyakan makan"

[4] Pakai aja nutrisi "X" (produk tertentu yang lagi marak di pasaran), beres dah tanpa diet tanpa olahraga, badan langsing. Ingat, tujuannya itu menjalankan hadits-hadits diatas. Hidup dengan menjalankan sunnah Nabi dan bukan badan yang langsing, dan yang penting ialah kita membiasakan perilaku islami.

[5] Saya sudah puasa sunnah rutin sekian tahun, tetap saja gemuk. Puasa iya, tapi hari lain yang pas tidak puasa sangat over meal (banyak makan). Pas Ramadhan, teorinya sederhana yang Berat badanya (BB) tidak turun dalam sebulan itu, berarti ia hanya membalik waktu makan dari siang ke malam hari.

[6] Susah-susah menurunkan berat badan, paling nanti balik lagi. Ya, karena tidak mau mempertahankan dengan menseimbangkan antara intake makan dengan exercise.

[7] Tidak bisa ! sulit ! Mustahil !. No, bukan soal bisa dan tidak bisa. Ini bukan soal bisa dan tidak bisa. Ini bukan soal mungkin dan tidak mungkin ?. tapi ini soal mau apa tidak mau ?

Referensi :
Terinspirasi Kajian Himmpass UGM bersama Ust. DR. Dr. Sagiran, Sp.B., M.Kes
http://muslim.or.id/hadits/hadits-dhaif-makan-sebelum-lapar-berhenti-sebelum-kenyang.html
http://abduhzulfidar.blogspot.com/2013/07/makan-setelah-lapar-berhenti-makan.html
http://www.alsofwah.or.id/?pilih=lihatmujizat&id=259
https://www.facebook.com/permalink.php?id=157485294307179&story_fbid=594867830568921
http://alamiilmiah.com/bahaya-olahraga-jika-dilakukan-malam-hari/
http://www.rumahfiqih.com/m/x.php?id=1359219399
http://quran.com
http://beda-dunia.blogspot.com

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes