Selamat datang di website kami, Haidar Khotir, semoga sajian kami bermanfaat

Menilik Konflik di Negeri Syam


Palestina dan Suriah merupakan perkara yang Penting

Permasalahan atau perkara yang terjadi di palestina dan suriah itu perlu diperhatikan oleh Umat Islam karena adalah Tempat penting bagi Allah dan Rasulnya, ini bisa ditemukan dalam ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits Nabi dan banyak hadits tentang akhir zaman yang berkaitan dengan Negeri Syam.

Negeri Syam (Sebagian daerah Turki, Lebanon, Palestina, Suriah, Yordania dan Israel (saya tidak menyebut ia karena israel asalah maling )

Mengapa kita harus mempermasalahkan masalah terkait suriah ?

-          2,7 juta muslim disana terpaksa mengungsi dan terlunta-lunta.
-          100 ribu muslim dibunuh disana dan karena mereka mempertahankan aqidah.

Permasalahan kita sebenarnya
Permasalahan bukan hanya sekedar kenegaraan, geopolitik ataupun konflik yang terjadi di Negeri Syam,melainkan juga adalah :

Permasalahan Aqidah yakni

Sunnah itu mengajarkan kepada kita tentang sifat-sifat uluhiyah,rububiyyah dan asma wa sifat, dan syahadat dan beserta konsekuensial-wala wal bara. Tauhid yang dipegang oleh Ahlussunnah wal jama’ah  terzhalimi terbunuh oleh orang-orang yang beraqidah lain. Semisal :  Ahlussunnah wal jama’ah (kalau di suriah sebut sunni) mengalami kekejaman dari Syiah Nushairiyah (dan Ajaran Syiah melenceng dari tauhid)

Permasalahan Sunnah yakni

Segala macam hal yang perkataan,perbuatan dan perilaku Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.
kita harus menjadikan Alqur’an sebagai ‘living’ bagi kita.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam biasa mengajari para sahabatnya, mentarbiyah dengan sunnah dan menyeru kepada Agama Allah, mendidiknya untuk berpegang teguh.
Telah menjadi tarikh sejarah bahwa cara untuk membebaskan al aqsa yakni dengan memerdekakan dulu daerah disekitarnya yakni daerah Syam.

Permasalahan Ukhuwah yakni

Kaum muslim ibarat satu tubuh. Jika satu orang muslim sakit maka yang lain akan demam. Dan sangat aneh ketika tidak merasakan seperti itu (permasalahan di Negeri Syam). Dan kadang-kadang permasalahannya umat Islam di Indonesia kurang kuat melihat permasalahan di negeri Syam.

Permasalahan Izzah  yakni

Ketika Negeri Syam pernah dibebaskan. Tarikh sejarah berulang : Negeri syam pernah dibebaskan dua kali dan sekarang dipangkuan zionis israel dan Amerika serta Syiah Nushairiyah, kenapa seperti itu terjadi karena memang karena umat Islam terutama di Negeri Suriah banyak yang terserang penyakit wahn (“hubbud dunya wa karohiyatul maut”). Dan disana Negeri Syam berdiri tiga masjid suci yang merupakan merupakan perwujudan “kemuliaan umat Islam atau izzah bagi umat islam” yakni masjidil Haram di Mekkah, masjidil Aqsa di Palestina dan Masjid Nabawi di Madinah. Ketika Masjidil Aqsa dikuasai oleh imperium romawi, zionis israel dan zionis salibis maka seketika pada saat itu kondisi kaum muslim sedang-sedangnya terpuruk.

Gaza 2012

Pada Tahun 2012 yang lalu, Sahabat Al Aqsa dan Sahabat Suriah ketika ke gaza palestina.
Mereka yang diberi bantuan (Warga gaza) dari kami kurang lebih berkata,

“Ya akhi, terima kasih, antum dari letak geografis yang jauh memberikan kami bantuan.
kami (Warga gaza) mengatakan : berikanlah ke teman-teman kami di suriah, disana terjadi penderitaan yang secara masif selama 60 tahun sebagaimana di Gaza.”

Memang kita sepatutnya harus memiliki itsar (mendahulukan orang lain meski diri sendiri dalam keadaan kekurangan) dan ini adalah senjata untuk melawan penyakit hubbud dunya wa karohiyatul maut :”cinta dunia dan takut mati”. Dan memang penyembuhnya dari penyakit wahn adalah itsar wal Jihad. Dan Jihad itu bisa berupa Jiwa, Finansial, Informasi ,dan do’a kita kepada mereka. Menanggapi serangan dari Israel mereka biasa melakukan serangan udara dan ketika warga gaza melawan mereka dengan ribath dan face to face mereka merasakan ketakutan (tentara israel tidak berani).

Bagaimana memilih Media sebagai rujukan dalam Tentang Isu Dunia Islam,

Jelas, clear dan standing position sebagai seorang muslim dalam rangka menilik konflik isu dunia Islam.
Kondisi media terkait kondisi tekstual, kabar dari orang asing memang wajib kita untuk mentabayunkan (Baca : Surat Al Hujurat [49] : 6) berita-berita yang tidak jelas.

Suatu kaidah bahwa : “Setiap Media, Dimiliki orang yang memiliki kepentingan”

Harus mengambil informasi banyak-banyak dan tidak terlampau kita “bulat-bulat”. Sebaiknya didalam memilih suatu media didalam isu dunia islam itu sendiri setidaknya  mereka merupakan “Volunteerism” semisal IHH di turki, karena walaupun memiliki kepentingan, namun mereka memiliki bentuk kemuliaan visi.

Bisa juga dilihat dari bahan informasi yang dituangkan misal : “Kompas, Republika,dll. (Bisa menjadi rujukan)

Dan yang menjadi sumber utama sebaiknya dari “Volunteerism” karena walaupun memiliki kepentingan, namun mereka memiliki bentuk kemuliaan visi semisal : sahabat Al Aqsa, KNRP, sahabat suriah ,dll.

Sumber yang lain bisa dari civil Jurnalizm (pada negara yang terjadi konflik),dan informasi diperoleh dari akun twitter mereka (para civil jurnalizm).

Tak Sekedar Aksi

Konsep Lembaga Dakwah Kampus dalam menyikapi isu-isu Dunia Islam tidak hanya sekedar aksi tetapi juga harus mempunyai gagasan-gagasan , memiliki saluran yang memiliki arah dan memberikan...

Ketika dulu di JS waktu itu JS mengampu sebagai BK IDI yang kemudian konsisten terkait info-info ter-update tentang Isu Dunia Islam dan dari situ kontribusi itu bermula dan mampu memberikan aspirasi.

Kontribusi apa yang yang bisa diberikan FSLDK (Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus)

FSLDK, kami berterima kasih “jazakumullahu khair” kepada FSLDK yang karena penggalangan dana dengan  bekerjasama dengan kami (sahabat suriah dan Al-Aqsa) dan memberikan kontribusi terhadap  Taman Kanak-Kanak Najmul Qur’an (TK Bintang Qur’an) di Jalur Gaza Palestina

FSLDK memiliki kontribusi konkret untuk menyebarluaskan kebenaran semisal Forum Ini (yang dimaksud beliau adalah acara ini “Menilik Konflik Negeri Syam”) yang ia menghadirkan pembicara-pembicara yang memberikan informasi, menjelaskan secara clear terkait konflik-konflik yang menjadi Isu dunia Islam.

FSLDK memiliki Pekerjaan Rumah dimana ia menjadi suatu entitas yang mempunyai pengaruh untuk mengubah kebijakan negara, dan juga memberikan petisi secara tegas kepada presiden. Sehingga ia akan mempengaruhi kebijakan-kebijakan negara mengenai Isu Dunia Islam, dan itu bisa menjadi kontribusi yang besar.

Sekilas Tentang IHH “Organisasi Kemanusiaan asal Turki”

Mengapa IHH di turki begitu luar biasa kontribusi dananya , karena disana isu kawasan (isu dunia islam) bisa menjadi isu  yang sehari-hari dibahas dan menjadi bahan pembicaraan (adanya frekuensi pembicaraan yang sama) oleh warga turki dan ketika ada pengumpulan dana atau donasi oleh volunteerism (dalam hal ini IHH), dananya begitu luar biasa.

Berbeda dengan Indonesia sering sekali ,di media-media nasional itu sering mengabarkan isu-isu yang sebenarnya tidak asasi, sedangkan isu-isu yang asasi tentang Dunia Islam banyak yang dilupakan. Maka ketika ada pengumpulan dana, semangat untuk mendonasikan masih lemah padahal rakyat Indonesia itu banyak.

Referensi :

2 Juli 2013 .Dalam  Islamic Book Fair Yogyakarta , Jamaah Shalahuddin. Talk Show bertemakan “Menilik Konflik di Negeri Syam” yang bertempat di GOR UNY. Acara ini dibuka sekitar pukul 16.00 wib - selesai. Pembicara :  Abu ‘Abdurrahman Muhammad Suwahyo dari Sahabat Suriah dan Aqil Wilda Arief dari KNRP.
http://markazdakwah.com/wp-content/uploads/2014/05/bendera-suriah-490x326.jpg 

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes